Tentang Lingstra

SEJARAH LINGKAR STUDI STRATEGIS (LINGSTRA)

Lingkar Studi Strategis (LINGSTRA) adalah Organisasi Think-Tank yang didirikan oleh sekelompok alumni Universitas Pertahanan untuk membantu instansi pemerintah dan entitas perusahaan di Indonesia untuk mengelola ancaman dan risiko, menghadapi kompetisi strategis, serta mengantisipasi dinamika lingkungan strategis yang berdampak terhadap kepentingan instansi pemerintahan dan/atau entitas perusahaan, melalui kegiatan-kegiatan penelitian dan pengkajian strategis serta jasa konsultasi. Seluruh produk dan jasa yang ditawarkan LINGSTRA memiliki kekhasan karena didasarkan pada metode-metode dalam ilmu pertahanan dan keamanan.

LATAR BELAKANG

Pendirian LINGSTRA tidak terlepas dari kegiatan diskusi non-formal rutin oleh kelompok mahasiswa Universitas Pertahanan selama perkuliahan di Kampus Universitas Pertahanan. Sejak September 2014, kelompok diskusi 217 dan 218 mulai dilaksanakan di Mess Mahasiswa Universitas Pertahanan dan membahas isu-isu sektor pertahanan dan keamanan lingkup global, regional dan nasional. Kemudian muncul keinginan para anggota kelompok diskusi untuk membentuk kelompok studi yang terfokus pada penelitian dan pengkajian isu strategis. Sebuah kelompok yang dapat menuangkan hasil pemikiran dalam karya ilmiah dan ikhtisar kebijakan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah dan instansi pendidikan berbasis pertahanan seperti Universitas Pertahanan. Keinginan ini terwadahi secara non-formal dengan dibentuknya Kelompok Studi LINGSTRA pada Juni 2015. Kelompok Studi LINGSTRA pada perjalanannya memperluas fokus penelitian dan kajiannya dengan memperkenalkan ilmu pertahanan dan keamanan kepada publik Indonesia secara luas, dengan menerapkan metode khas keilmuan tersebut untuk membantu instansi Pemerintah dan entitas perusahaan di Indonesia untuk mencapai kepentingan mereka. Untuk itulah sejak Januari 2017, LINGSTRA berdiri secara formal.

KEKHASAN

Masing-masing Anggota LINGSTRA berasal dari latar belakang disiplin ilmu dan kekhasan kompetensi yang berbeda-beda. Sebagian besar anggota merupakan alumni program pasca-sarjana Universitas Pertahanan dan merupakan Kader Intelektual Bela Negara. Jasa konsultasi yang ditawarkan kepada instansi pemerintahan dan entitas perusahaan di Indonesia terutama didasarkan pada metodologi-metodologi dan alat-alat analisis yang memiliki kekhasan ilmu perang dan strategi yang tidak banyak diketahui khalayak umum.

 

Visi

Sebagai pusat studi yang ikut berperan aktif dalam usaha pembelaan negara dengan menciptakan kondisi keamanan nasional yang menjamin tetap tegaknya kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan Negara.

Misi

  • Melakukan kegiatan-kegiatan ilmiah dalam bentuk penelitian dan pengkajian pada bidang studi pertahanan dan keamanan;
  • Memberikan produk ilmiah berupa hasil penelitian dan pengkajian sebagai rekomendasi atau gagasan konstruktif kepada Pemerintah dalam rangka perumusan dan pembentukan regulasi, kebijakan, serta strategi di sektor pertahanan dan keamanan;
  • Memberikan kontribusi terhadap Negara terkait pemecahan masalah isu-isu strategis nasional;
  • Menjalin dan membina hubungan kerjasama yang sinergis dengan institusi Pemerintah maupun non-Pemerintah dalam rangka mencapai sasaran strategis organisasi

Follow Us on

  • TWITTER

    Follow us & stay tuned

  • FACEBOOK

    Keep in touch & Share

© 2018 Lingstra.org. All Rights Reserved.